September 24, 2021

Nasional Post

Tajam dan Terpercaya

PPKM Mulai Dilonggarkan, Volume Lalin Masuk Jakarta Naik 30 Persen

Spread the love

Nasionalpost.id, Jakarta – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat adanya kenaikan volume lalu lintas selama 3 hari terakhir. Peningkatan ini terpantau di tiga Gerbang Tol (GT) Utama masuk Jakarta.

“Dibandingkan minggu sebelumnya, terjadi peningkatan sampai dengan 30 persen,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (30/7).

3 gerbang tol yang dilakukan pemantauan yakni Cililitan, Jakarta Timur; Tomang, Jakarta Barat; dan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Peningkatan ini diduga terjadi akibat adanya pelonggaran mobilitas warga.

“Terakhir ini kan ada ketentuan bengkel, barber shop, laundry itu sudah boleh buka. Pekerja-pekerjanya berarti kan sudah mulai melaksanakan mobilitas,” jelas Sambodo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, pada 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Tetapi Pemerintah akan membuat kelonggaran secara bertahap di tengah penerapan kebijakan kali ini.

“Terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap, dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” kata Jokowi dalam konferensi pers daring, Minggu (27/7).

Sebagaimana diketahui, PPKM level 4 merupakan perpanjangan dari PPKM Darurat yang diberlakukan pada 3-20 Juli 2021 lalu. Kemudian pemerintah memperpanjang dengan sebutan PPKM level 4 pada 21-25 Juli 2021.

Level 4 artinya, setiap provinsi mencatatkan kasus Covid-19 lebih dari 150 atau 100 ribu penduduk per minggu. Kemudian, perawatan pasien di rumah sakit lebih dari 30 atau 100 ribu penduduk per minggu dan kasus kematian lebih dari 5 atau 100 ribu penduduk per minggu. (Rls/RED)