Agustus 3, 2021

Nasional Post

Tajam dan Terpercaya

Jalur Kiri JLNT Hanya Untuk Sepeda Saja

Spread the love

Nasionalpost.id, Jakarta-Perlu diketahui bahwa JLNT Kampung Melayu – Tanah Abang selama ini dilarang untuk kendaraan roda, bahkan polisi selama  ini sudah rutin menilang pengguna sepeda motor yang  melintas di ruas jalan itu.

Karpet merah JLNT pengguna raod bike di Jakarta mendapat pro dan kontra banyak pihak, pasalnya penempatan jalur sepeda berkecepatan tinggi itu dinilai kurang pas terutama rencana pembukaan jalur khusus di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu – Tanah Abang.

Dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pasal 287 ayat 1 dan 2, dijelaskan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dan melanggar aturan rambu bisa didenda Rp500.000 atau penjara paling lama dua bulan.

Khusus untuk road bike diminta Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta untuk melibatkan Dinas Pemuda dan Olahraga. Pengguna road bike kata Nirwono boleh diberi fasilitas khusus tetapi bukan di JLNT Kampung Melayu  -Tanah Abang, bisa di  jalan raya, namun mesti dibatasi pada hari dan waktu tertentu saja agar tidak mengganggu pengguna jalan lain dan meminimalkan kecelakaan  lalu lintas.