Juni 22, 2021

Nasional Post

Tajam dan Terpercaya

GELATIK Gelar Budaya Betawi Emping Condet dan Penanganan Kampung Betawi

Spread the love

Nasionalpost.ID,Jakarta-Kegiatan diskusi bulanan Sosial & Budaya Betawi Kampung Emping Condet mencanangkan tentang Kampung Emping Condet dalam titik budaya betawi yang bertemakan Emping Condet & Pecanangan Kampung Condet yang diselenggarakan oleh Gelar Tiker Ala Betawi (Gelatik) Sanggar Betawi Firman Muntaco di Jalan AMD Condet Balekambang Jakarta Timur. Minggu 6 /6 /2021.

Kegiatan yg berbentuk sosial dan kebudayaan Betawi dihibur tarian dan nyanyian betawi, dihadiri
Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur, serta Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) dan juga perwakilan Kelurahan setempat dan Tokoh masyarakat betawi.

Kegiatan Kampung Condet sebagai pengrajin Emping sebagai budaya makanan khas betawi sebagaimana yang diungkap Hasanuddin (Kasudin Kebudayaan Jakarta Timur)

“Kegiatan sanggar budaya kampung condet dari pengrajin emping condet sebagai destinasi wisata, sebagai makanan khas betawi” ujar Kasudin.

Emping adalah sejenis makanan yang terbuat dari buah Melinjo yang sejenis krupuk, umumnya untuk Lauk juga nikmat buat dicampur Soto.
Hal ini di budayakan oleh sanggar Betawi dari komunitas Gelatik yang menggiatkan pengrajin pengrajin Emping dari kampung Condet.

Kegiatan sanggar Gelatik selain pengrajin Emping juga kegiatan budaya lannya yaitu Kesenian Betawi yaitu Lenong Bocah dan Tarian Ondel Ondel.

Penandatanganan Emping Kampung Condet dilaksanakan bersama Kasudin serta Ketum LKB dan Tokoh Tokoh Betawi jjuga komunitas Sanggar Betawi Gelatik Firman Muntaco. (RED)