Pameran lnternasional Tahunan Terbesar SIAL INTERFOOD 2019 Dibuka

Spread the love

Jakarta– SIAL INTERFOOD 2019 merupakan sebuah platform B2B yang sempurna karena menyediakan berbagai peluang bisnis bagi seluruh peserta pameran untuk mempromosikan produk, melakukan bisnis dan mencari solusi untuk kebutuhan bisnis bersama.

“Kali ini SIAL INTERFOOD untuk ke-19 kalinya kembali hadir di Jakarta, Indonesia, yang diikuti 900 peserta dari 30 negara,” ujar Daud D Salim Chief Executive Officer PT Kristamedia Pratama dalam sambutannya di pembukaan pameran SIAL INTERFOOD 2019, d JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/11).

Daud D Salim juga mengucapkan rasa terimakasihnya atas dukungan pemerintah selama ini, atas terselenggaranya axara SIAL INTERFOOD 2019.

Adapun dari 30 negara yang mengikuti seperti: Australia, Argentina. Belanda, Belgium. China. Dubai, Ecuador, India, Indonesia. Itali. Jepang. Jerman. Korea Selatan, Kuwait, Lithuania, Malaysia, Mesir, Palestine, Pakistan, Perancis, Polandia, Saudi Arabia,  Singapura, Turki, Timor Leste,  Thailand, USA, Vietnam, dan Yunani.

Seperti sudah kita ketahui industri makanan dan minuman merupakan industri strategis dan salah satu industri prioritas dalam percepatan implemenfasi Making Indonesia 4.0.. Hal tersebut dapat terlihat pada kontribusi Industri makanan dan minuman yang mencapai 6,25% terhadap PDB nasional dan 37% terhadap PDB industri pengolahan non migas pada triwulan III tahun 2019, dengan laju pedumbuhan sebesar 7,72% (C to C).

Realisasi investasi industri makanan dan minuman periode Januari-September 2019 mencapai Rp26,39 lriliun untuk PMDN dan 1 miliar USD untuk PMA. Jumlah tenaga kerja di sektor industri makanan dan minuman pada Februari 2019 sebanyak 5,2 juta orang atau 28,52 % dari total tenaga kerja industri pengolahan yang mencapai 18,2 juta orang.

Ekspor produk makanan dan minuman (termasuk minyak kelapa sawit) pada periode Januari-September 2019 sebesar 19,31 miliar USD dengan nilai impor sebesar 8,78 miliar USD sehingga neraca perdagangan bernilai positif. Keikutsertaan dalam pameran berskala internasional seperti pameran SIAL Interfood 2019 diharapkan menjadi salah satu cara dalam rangka meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman sehingga diharapkan Indonesia mampu menjadi pemain industri makanan dan minuman terkemuka di ASEAN.

Ditargetkan pengunjung SIAL INTERFOOD 2019 sebenyak 82.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri, yang nantinya akan menampilkan lebih dari 28 sektor, antara Iain produk susu dan telur, keju, ikan dan produk hasil laut, buah dan sayuran, produk makanan sehari-hari, produk bakery, Ingredients cokelat, kopi dan teh, gelato dan es krim, minuman beralkohoI dan non alkohol, produk makanan sehat, produk makanan kalengan, produk makanan organik, produk makanan beku, peralatan horeca dan catering, perlengkapan, memasak serta peralatan memasak, pengemasan kue, mesin Pendingin, mesin kasir, acessories dan mesin bakery ,mesin, mesin pengolah makanan dan minuman dengan teknologi terbaru.

Koloborosi dengan berbagai organisasi dan asosiasi, para pakar, chef, praktisi di bidang kuliner dan gastronomi bertaraf nasional dan internasional, INTERFOOD 2019 akan menghadirkan beragam program menarik, yaitu :

Acara trademark SIAL INTERFOOD :
SIAL Innovations

Pogram acara yang memberikan penghargaan tertinggi kepada peserta SIAL INTERFOOD atas inovasi terbaik untuk produk makanan dan industri pendukungnya, seperti pengemasan dan container. Produk Pemenang Sial Innovations akan dipertunjukkan dalam semua jaringan pameran SIAL INTERFOOD, di Perancis, Canada, India, Tiongkok hingga Timur Tengah.

Cuisine Competition, merupakan kolaborasi dari World’s Chef dan Associations of Cullinary Proffesionals (ACP)

Merupakan ajang penemuan para profesional dalam bidang jasa makanan. Para koki bertaraf internasional akan mendemontrasikan keahliannya, sekaligus juga akan berlangsung kompetisi memasak para koki profesional dari berbagai negara. Lo Cuisine Competition selalu menghadirkan juri lokal dan internasional. Pada SIAL INTERFOOD 2019 ini Grand Jury diketuai oleh Chef Michael Siroutmonis dari Australia, memimpin anggota juri yang terdiri dari : 20 chef dengan WACS certified judge license, 11 chef juri lokal dan 9 chef rookie judge dari Malaysia dan akan diikuti oleh 1ebih dari 900 chef.

Berbagai kompetisi dan pelombaan :

International Pastry Alliance (IPA) Championship Berbagai pelombaan dalam bidang pastry yang meliputi pembuatan hingga menghias kue; The 2nd Indonesia Tea Brewing Competition, bekerja sama dengan Association of Indonesia Specially Tea (AISTec) berhadiah uang tunai; The 5th Indonesian Food and Beverage Executive (IFBEC) Service Competition Kompetisi sevice rally, juggling dan bar speed hadiah bernilai Iebih dari 100 juta rupiah; The 3rd SIAL INTERFOOD Roasting Competition (SIROC) bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Kopi Indonesia Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (PPKI AEKI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *